Untuk pembelajaran kita hari ini kita akan mempelajari rumus bangun datar dan definisinya atau definisi, pada kesempatan sebelumnya kita juga membahas rumus untuk volume bangunan, sekarang bahan lengkapnya menyangkut rumus untuk volume bangun datar.

Di dalam bentuk datar ada berbagai jenis bentuk, bentuk pertama adalah persegi, persegi panjang, segitiga, longitudinal, trapesium, layang-layang, belah ketupat. Untuk ini, Anda bisa melihat semua penjelasan di bawah ini:

Jenis Jenis Bangun Datar

Berikut ini akan dibahas secara lengkap tentang berbagai jenis bentuk datar dan sifat-sifatnya, serta pada rumus untuk volume dan luas bentuk datar itu sendiri di kemudian hari untuk menyertakan juga gambar bentuk datar dan juga sifat-sifat bentuknya yang rata beserta desainnya.

Persegi

Memahami persegi adalah bentuk dua dimensi bangun datar yang terdiri dari 4 tulang rusuk dengan panjang yang sama dan memiliki 4 sudut siku-siku. Kotak juga bisa disebut bentuk datar yang memiliki sisi yang sama dan sudut yang sama dengan kotak.

Sifat-sifat bujur sangkar adalah bahwa semua sisi bujur sangkar adalah sama dan setiap sudut bujur sangkar dibagi sama rata oleh diagonal dan kedua diagonal berpotongan tegak lurus.

rumus bentuk persegi

rumus keliling persegi = 4 x s
rumus luas persegi = s x s x s
description = s = sisi (m)

Persegi panjang

Persegi Panjang Definisi persegi panjang adalah bentuk dua dimensi datar yang dibentuk oleh 2 pasang tulang rusuk panjang dan paralel dengan 4 sudut kanan.

Rumus bangun datar persegi panjang

Rumus di sekitar persegi panjang = 2 x (p x l)
Rumus untuk luas persegi panjang = p x l
Deskripsi = p = panjang (cm)
L = lebar (cm)

Segitiga

segitiga Pengertian segitiga adalah bentuk dua dimensi datar yang dibentuk oleh 3 sisi dalam bentuk garis lurus dan 3 sudut. jadi sosok datar yang terdiri dari tiga atau lebih garis lurus disebut segitiga

Rumus bangun datar segitiga 

Rumus di sekitar segitiga = AB + BC + BC + DA
Rumus untuk luas segitiga = 1/2 x a x t
Informasi = a = alas segitiga (cm)
T = tinggi segitiga (cm)

Jajargenjang

jajargenjang Pengertian jajargenjang itu sendiri adalah struktur dua dimensi datar yang dibentuk oleh 2 pasang tulang rusuk, masing-masing memiliki panjang yang sama dan sejajar dengan pasangannya. Dengan demikian jajargenjang memiliki 2 pasang sudut kanan, yang masing-masing sama dengan sudut di depannya.

Rumus bangun datar jajar genjang

Rumus sekitar panjang skala = AB + BC + CD + AD
Luas rumus rentang luas = a x t
Deskripsi = a = dasar (cm)
T = tinggi (cm)

Trapesium

TrapesiumPemahaman tentang trapesium itu sendiri adalah bentuk dua dimensi datar yang dibentuk oleh 4 tulang rusuk, yang 2 sejajar satu sama lain tetapi tidak dengan panjang yang sama. Tetapi ada juga tulang rusuk trapesium yang tegak lurus dengan tulang rusuk yang disebut siku.

Rumus trapesium

Rumus di sekitar trapesium = AB + BC + CD + DA
Luas rumus trapesium = 1/2 x jumlah sisi sejajar dengan tinggi x

Layang – layang

layang-layang Pengertian layang-layang itu sendiri adalah struktur dua dimensi datar yang terdiri dari 2 segitiga sama kaki dan empat persegi panjang yang basisnya bertepatan dalam bentuk layang-layang.

Rumus jejak layang-layang datar

Rumus di sekitar layang-layang = 2 x (AB + BC)
Rumus luas layang-layang = 1/2 x d1 x d2
Deskripsi = d = diagonal

Belah ketupat

Definisi belah ketupat itu sendiri adalah bentuk dua dimensi datar yang dibentuk oleh 4 tulang rusuk dengan panjang yang sama dan belah ketupat memiliki 2 pasang sudut, yang masing-masing sama besar dengan sudut di depannya.

Rumus Belah Ketupat

Rumus di sekitar belah ketupat = 4 x s
Rumus untuk area belah ketupat = ½ x d1 x d2
Deskripsi = d = diagonal (cm)

S = panjang (cm)

Sumber : rumusbilangan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *