Fungsi Daun Pada Tumbuhan

Fungsi daun pada tumbuhan – secara umum, warna daun adalah hijau dan bentuknya lebar dan rata. Bagian tipis dan lebar pada daun disebut dengan lembaran daun, dan daun ini dapat muncul dalam berbagai bentuk. Pada kesempatan ini, pembahasan dibawah ini adalah mengenai fungsi daun pada tumbuhan yang berperan penting dalam tumbuhan . Berikut ini adalah penjelasan tentang fungsi daun pada tumbuhan :

Fungsi Daun Pada Tumbuhan

6 Fungsi Daun Pada Tumbuhan Lengkap

1. Fotosintesis

Pada dasarnya fungsi utama daun pada tumbuhan ini adalah sama, yaitu fungsinya adalah tempat atau wadah pengolahan zat makanan. Fotosintesis adalah proses pengolahan makanan di daun. Fotosintesis membutuhkan air dan karbon dioksida. Sinar matahari membantu air dan karbon dioksida, yang dikonversi oleh klorofil sebagai senyawa organik, serta oksigen dan karbon dioksida.

Karbon dioksida adalah nutrisi bagi tumbuhan . Karbon dioksida digunakan sebagai sumber energi dan material untuk membuat senyawa lain yang dibutuhkan oleh tumbuhan . Beberapa karbon dioksida disimpan sebagai cadangan makanan.

Jadi definisi fotosintesis adalah suatu proses pembentukan karbohidrat dari CO2 (karbon dioksida) dan H20 (air) dengan bantuan sinar matahari. Tumbuhan dapat melakukan fotosintesis karena memiliki sel yang mengandung bahan daun hijau atau disebut sebagai (klorofil).

Dalam fotosintesis, klorofil menyerap energi matahari dan mengubahnya menjadi energi kimia, yang disimpan dalam bentuk karbohidrat dan senyawa organik lainnya. Karbohidrat pada tumbuhan diubah menjadi protein, vitamin, lemak atau senyawa lainnya. Sejumlah senyawa organik ini tidak hanya digunakan oleh tumbuhan , tetapi juga bermanfaat bagi manusia dan hewan herbivora.

Baca Juga : sel tumbuhan

2. Sebagai Organ Pernapasan

Stomata pada dua permukaan daun berfungsi sebagai tempat pertukaran gas (respirasi). Stomata menyerap karbon dioksida dari udara ke dalam fotosintesis dan melepaskan O2 ke dalam fotosintesis. Selain stomata, ada juga tumbuhan yang nafasnya mengalir melalui lentisel pada batangnya.

Proses fotosintesis sistem pernapasan tumbuhan hanya dapat terjadi jika tersedia cukup sinar matahari dan klorofil. Selain klorofil pada daun, juga ditemukan batang pada tumbuhan. Terutama daunnya, yang telah dimodifikasi fungsi dan bentuknya, seperti pinus dan kaktus.

3. Tempat Proses Transpirasi

Jika tumbuhan memiliki terlalu banyak atau terlalu sedikit air, kutikula atau zat lain yang ada pada permukaan daun dapat menyebabkan jaringan tumbuhan menguap melalui stomata.

Transpirasi yang terjadi di setiap tumbuhan dan umumnya kehilangan jumlah air terbesar yang mengalir melalui serangkaian daun.

Ada dua jenis transpirasi melalui tumbuhan , yaitu:

4. Alat Perkembangbiakan Vegetatif

Mirip dengan tunas daun tumbuhan cocor bebek dapat dibentuk tunas daun, yang disebut sebagai Adventivtriebe.

Faktor internal atau eksternal mempengaruhi fotosintesis. Ada sejumlah faktor yang mempengaruhi fotosintesis:

a. konsentrasi

CO2 (karbon dioksida) di udara Semakin tinggi konsentrasi di udara, semakin tinggi proses fotosintesis.

b. cahaya

Diperlukan intensitas yang cukup agar proses fotosintesis berjalan dengan efisien.

c. air

Ketersediaan air mempengaruhi laju fotosintesis, karena air adalah bahan awal dalam fotosintesis.

d. suhu

Secara umum, laju fotosintesis meningkat dengan meningkatnya suhu dan sebaliknya. Namun, ketika suhunya terlalu tinggi, fotosintesis dihentikan karena beberapa enzim yang bertanggung jawab untuk fotosintesis telah rusak. Oleh karena itu, tanaman memerlukan suhu optimal (tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah) agar proses fotosintesis berjalan dengan efisien.

5. Klorofil

Jika ada lebih banyak klorofil dalam daun, fotosintesis akan lebih cepat. Pembentukan klorofil membutuhkan sinar matahari, sehingga kecambah yang tumbuh di tempat gelap tidak dapat sepenuhnya menghasilkan klorofil.

6. Usia daun

Usia daun juga mempengaruhi proses fotosintesis. Saat daun bertambah tua, kemampuan untuk berfotosintesis menurun. Ini terjadi karena klorofil sudah ketinggalan zaman dan fungsi kloroplas berkurang.

Sumber Terkait : rumus.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *