Alat musik tradisional jepang

Siapa sih yang tidak tahu Negara Jepang? Dunianya para Wibu nih, terutama di Harajuku. Hanya saja dalam artikel kali ini tidak akan membahas mengenai dunia anime, tapi akan membahas mengenai alat musik tradisional Jepang.

1. Biwa

Biwa berbentuk seperti kecapi. Namun, memiliki leher yang pendek untuk memainkannya menggunakan plektrum atau bachi yang digunakan untuk memetik senarnya dan biasa dimainkan berkelompok yang bernama biwa hooshi.

2. Shimasen

Alat musik shimasen ini bentuknya mirip dengan gitar. Namun, dengan leher yang kecil dan panjang. Suara alat ini mirip, seperti banjo. Shamisen dimainkan dengan cara dipetik.

3. Koto

Jika dilihat dari bentuknya, Koto mirip dengan kecapi. Koto pertama kali dikenalkan dari Guzheng, China kemudian sampai di Jepang. Dengan memiliki senar yang berjumlah 12. Cara memainkan koto dipetik.

4. Kagura Suzu

Kagura suzu merupakan alat musik yang unik. Bentuknya terdiri dari beberapa lonceng yang diikat dengan membentuk tiga tingkatan. Kagura suzu ini biasa digunakan dalam ritual keagamaan Shinto di Jepang.

5. Taikou

Alat musik taikou bentuknya mirip seperti bedug. Alat musik taikou digunakan untuk ritual keagamaan guna mengekspresikan dunia setelah meninggal, Orang Jepang sendiri juga meyakini genderang musik taikou sebagai penangkal bencana.

6. Kotsuzumi atau Tsuzumi Kecil

Kotsuzumi berbentuk seperti jam pasir dengan tali yang sangat panjang guna diselempangkan pada pemainnya saat dimainkan. Ootsuzumi biasa dimainkan dengan menari dan sering dimainkan saat teater Noh dan Kabuki.

7. Kane

Jika dilihat dari bentuknya kane seperti tempat air yang terbuat dari besi. Untuk memainkannya tentu perlu pemukul serta sering ditemukan untuk perlengkapan upacara keagamaan Shinto ataupun Budha.

8. Den-den Daikou

Den-den Daikou merupakan alat musik yang berbentuk seperti drum kecil dengan ada tangkai atau disebut juga diskors untuk pegangannya dan terdapat dua kepala dengan diikat seperti manik-manik.

Dari semua Alat musik Jepang ini mana nih, menurut para pembaca sekalian yang paling unik atau bahkan bisa jadi sudah biasa ditemui di Indonesia. Sekian dulu penyampaian dari delapan alat musik tradisional jepang sampai jumpa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *